>

Total Tayangan Halaman

Minggu, 23 Januari 2011

Syaikh Abu Ubaidah Masyhur Hasan Salman Hafidhahullah


Silsilah Beliau

Nama beliau adalah Masyhur bin Hasan bin Muhmud Ali Salman , dan kunyah beliau adalah Abu Ubaidah . Beliau adalah seorang Syeikh yang mengikuti manhaj salaf dan berpegang dengan atsar mereka . Beliau banyak memiliki buku buku yang unik , bermanfat dan sangat ilmiah . Juga termasuk buku buku para ulama' lain yang beliau takhrij dan tahqiq .


Kelahiran Beliau

Beliau di lahirkan di Palestina tahun 1380 Hijriah / 1960 Masehi .


Latar Belakang Keluarga dan Pencarian Ilmu


Beliau di didik oleh keluarga yang shalih yang telah berhijrah ke Yordania dan menetap di Amman pada tahun 1967 Masehi , sebagai akibat dari agersi militer Israel - La'nahumullahualaih - . Beliau menyelesaikan SMA nya di sana , kemudian beliau memasuki Universitas Syari'ah ( 1400 H / 1980 M ) dimana beliau mendaftar di jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh .
Beliau melewatkan waktrunya di sana dengan mengembangkan ketertarikan beliau yang sangat besar terhadap belajar , mermbaca dan menambah ilmu pengetahuan Islam .
Sehingga beliau telah membaca sejumlah besar buku buku seperti al Majmu' karya An Nawawi ,al Mughny karya Ibnu Qudamah , Tafsir Ibnu Katsir , Tafsir al Qurtuby , Shahih Bukhari dengan syarahnya Ibnu Hajar , Shahih Muslim dengan Syarahnya an Nawawi , dan masih banyak buku buku lainnya .
Beliau lebih banyak terpengaruh oleh Ulama' ulama besar seperti Syeikhul Islam Ibnu Taimiah dan muridnya yang mulia Alim Robbani , Syaikhul Islam kedua , Ibnu Qoyyim al Jauziah .

Guru Beliau yang Paling Menonjol

Beliau juga terpengaruh oleh sebagian besar guru gurunya , baik mereka yang belajar padanya secara formal maupun yang beliau bermajelis dengannya dalam halaqoh halaqoh ilmiyah . Diantara guru guru beliau yang paling terkenal adalah :
1. al Alamah Asy Syeikh al Muhaddits , Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah
2. Asy Syeikh al Faqih Muqtofa Az Zarqaa'

Aktivitas Dakwah Beliau

Gurunya Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah telahberulangkali memuji beliau dalam banyak pertemuan di berbagai tempat seperti yang beliau nyatakan dalam as Silsilah Ash Shahihah , " Dan semua ini adalah dari apa yang aku telah bersitifadhah ( memetik manfaat ) dari tahqiq dan ta'liq kitab al Khilaafat oleh saudaraku yang mulia , Masyhur Salman " . ( 1/193 )
Berikut ini juga apa yang di katakan oleh Syeikh Bakr Abu Zaid mengenai beliau dalam muqadimah Tahqiq Syeikh Mansyhur terhadap buku al Muwafaqaat , " Beberapa kali saya memandang buku ini sembari terhadap yang mentahqiq , mentashih dan mencetaknya sebagaimana layaknya , sehingga Allah Maha Bijaksana menjadikan hal ini dengan RahmatNya melalui tangan al Alamah al Muhaqqiq Asy Syeikh Masyhur bin Hasan Alu Salman " .

Aktivitas Beliau Sekarang


. Masjid As Sunah :

Syeikh yangmulia Abu Ubaidah Masyhur Hasan Ali Salman - Hafidhahullah - memiliki kelas mingguan pada kamis sore antara maghrib dan isya' , yang diadakan di Masjid as Sunah ( selatan Ibu Kota Aman Yordania ) , dimana beliau menjelaskan Shahih Muslim berdasarkan syarh Imam Nawawi . Alhamdulillah , kelas ini telah berlangsung selama lebih dari delapan tahun hingga sekarang .

. Masjid Imam Al Albani :

Berdasarkan kebutuhan , Syeikh sering kali berkumpul di Masjid Imam Al Albani di mana beliau akanmenjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan .

. Kunjungan ke Indonesia

Syeikh baru baru ini mengunjungi Indonesia bersama Syeikh Ali al Halabi , Syeikh Muhamad Musa Nashr dan Syeikh al Hilaly , dalam rangka mengajar di Dauroh Ilmiyah fi Masa'ili wal Manhajiyah , dimana Syeikh mengajar Fiqh di dalamnya .
Dauroh ini terselenggara atas kerja sama Markaz Imam al Albani dengan Ma'had Ali Al Irsyad Al Islamiyyah Surabaya

. Masjid Mu'awiyah bin Abi Sufyan

Syeikh mengajar Ushul Fiqh di musim panas di Dauroh Syari'ah Tahunan yang keempat yang di selenggarakan oleh Markaz Imam Albany di lokasi baru yang dekat dengan Masjid Mu'awiyyah bin Abi Sufyan ( utara Amman ) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar