>

Total Tayangan Halaman

Kamis, 13 Januari 2011

ABDURRAHMAN BIN YAZID


Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman bin Yazid bin Jabir Al azdy Abu Utbah Asy Syamiy Ad Daraniy. Beliau lahir pada masa pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan . Namun ulama' berbeda pendapat tentang tahu wafatnya , Ibnu Said mengatakan bahwa belau wafat sekitar tahun 180 Hijriah , Ibnu Mu'in mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 156 Hijriah , Abdullah bin Yazid Al Qori' mengatakan beliau wafat pada tahun 155 Hijriah , Abu Mushir dan Shafwan bin Sholeh berpendapat bahwa beliau wafat pada tahun 154 Hijriah . Akan tetapi , pendapat yang paling masyhur adalah pendapat Abu Ubaid dan Kholifah bin Khayyat , bahwa beliau wafat pada tahun 153 Hijriah .

Beliau merasakan haus akan ilmu ,maka beliau berguru pada ulama' ulama' pada zaman itu . Diantara para ulama' yang pernah di gali ilmunya oleh beliau adalah : Ayahnya sendiri ( Yazid ) Sa'id Al Maqbary, Abu Sallam Al Aswady , Qasim bin Abdurrahman , Abdullah bin Amir Al Yahshuby , Qasim bin Mukhaimarah , Ibnu Syihab Az Zuhry , Abu Asy'at Ash Shan'any , Mak-hul , Kholq ,Abu Kabsyah As Saluly , Athiyah bin Qais , Zaid bin Aslam , Umair bin Hani', Salim bin Amir , Isma'il bin Abi Muhajir , Bisyr bin Abdullah Al Hadhramy , Yahya bin Jabir Ath Thai'iy, Atha' Al Khurasaniy , Ali bin Badzimah , Nafi' .

Beliau menyadari betul akan pentingnya ilmu, oleh karena itu , beliau tidak menyia nyiakan ilmu yang di dapatkan dari para ulama' . Agar ilmu yang ada itu tidak hilang dan supaya bertambah banyak dan dapat di nikmati oleh generasi selanjutnya , maka beliau mengajarkannya kepada orang orang yang mau belajar darinya pada waktu itu . Diantara mereka yang pernah belajar pada beliau adalah : Abdullah ( anaknya sendiri )Shadaqah bin Al Mubarak, Al Walid bin Muslim ,Muhammad bin Syu'aib bin Syabur , Husain bin Ali Al Ja'fy , Umar bin Abdul Wahid , Al Walid bin Yazid , Bisy bin Bakr , Isa bin Yunus , Kholid , Yahya bin Hamzah Al Hadhramy.

Banyak kelebihan yang Alah berikan pada beliau , sehingga beliau di percaya oleh penduduk Syam sebagai salah satu Fuqaha' ( ahli fikih ) , karena beliau adalah orang yang banyak ilmu , tsiqqah , dapat di percaya dan hafidz .

Khalid bin Al Laj laj pernah berkata kepada Mak-hul : " Bertanyalah kepada Abdurrahman bin Yazid tentang hukum yang telah terjadi maupun yang belum terjadi ! " . Ishaq bin Manshur mendengar perkataan Yahya bin Mu'ayyan , bahwa Abdurrahman bin Yazid adalah orang yang tsiqqah . Abu Hatim berkata : " Dia adalah orang yang jujur . Al Falas berkata : " Abdurrahman bin Yazid bin Jabir Haditsnya dha'if . Mak-hul meriwayatkan hadits hadits munkar dari beliau ( menurut ahli kufah ). Al Khathib berkata : " Orang orang kufah meriwayatkan hadits dari Abdurrahman bin Yazid bin Tamim yang di terima dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir , akan tetapi mereka meragukannya " .


Referensi :

1. Siyar A'lam Nubala' , Adz Dzahaby , Muassah Ar Risalah , juz 7 hal 176
2. Al Jarh Wa At Ta'dil , Ar Rozy , Darul Fikr , jus 5 hal 300
3. Tahdzibu Tahdzib , Al Asqalaniy , Darul Fikr , juz 6 hal 266
4. Thabaqtul Hufadz , As Suyuthy , Darul Kutub Al Ilmiyah , hal 86
5. Mizanul I'tidal , Darul Fikr , jus 2 hal 298
6. Tarikhu Tsiqaat , Al Ajly , Darul Kutub , hal 300

Tidak ada komentar:

Posting Komentar