>

Total Tayangan Halaman

Jumat, 14 Januari 2011

WAHB BIN MUNABIH AL YAMANI



NASABNYA


Beliau adalah Wahb bin Munabbih bin Kamil bin Siyaj Al Aswar Al Imam . Abu Abdullah Al Abnawy Yamani , Adz Dzimary As Shan'any , saudara Hamam bin Munabbih dan Muaqqal bin Munabbih dan Ghilan bin Munabbih .
Beliau di lahirkan pada masa pemerintahan Usman bin Affan r.a tahun 34 Hijriah . Beliau bertemu dengan para sahabat Nabi SAW di antaranya adalah : Ibnu Abbas , Abu Hurairah , Abu Sa'id , Nu'man bin Basyir, Jabir , Ibnu Umar , Abdullah bin Amr bin Ash , Thawus dan beberapa tabi'in yang lain .
Riwayatnya dalam musnad itu sedikit , hanyasanya kecenderungan ilmunya ( penguasaan ) pada cerita Isra'iliyat dan mushaf mushaf ahli kitab .
Imam Ahmad mengatakan adalah Wahb dari keturunan Persi , dan baginya kemulyaan . 'Ajalany berkata : " Beliau seorang tabi'in yang tsiqaah , ia adalah seorang qadhi ( hakim ) di Shan'a " .
Abu Zar'ah dan Nasa'i mengatakan : " tsiqaah " .
Beliau adalah seorang tabi'in yang mulia . Ia mengetahui kitab kitab sebelum Al Qur'an turun . Beliau adalah orang yang shaleh , banyak hukum dan nasehat nasehat yang diambil dari beliau .

KEHIDUPANNYA

Dari Ja'far bin Sulaiman , dari Abdus Shamad bin Muaqqal berkata : " Saya menemani paman saya Wahb beberapa bulan ,beliau shalat subuh dengan wudhu sholat isya' " .
Berkata Salim bin Ma'mun Al Khawash dari Muslim Az Zanjy berkata : " Wahb bin Munabbih selama 40 tahun , tidak tidur diatas kasur dan selama 20 tahun tidak menjadikan shalat isya' dan shubuh kecuali hanya satu kali wudhu " .

Beliau pernah mengatakan ( Wahab bin Munabbih ) :
" Perumpamaan orang yang belajar ilmu tetapi tidak beramal dengannya , seperti seorang dokter yang mempunyai obat tetapi tidak berobat dengannya ( obat itu ) " .

Dari Munir Maula Fadl bin Abi 'Iyasy berkata : " Saya duduk bersama Wahb bin mUnabih , tiba tiba seorang laki laki datang menghampiri beliau seraya berkata : " Saya melewati seseorang yang mencacimu , maka beliaumarah danberkata : " Apakah syetan tidak mendapatkan utusan selainmu ? kemudian saya tetap di sisinya sampai orang yang mencacinya datang kepadanya , kemudian ia salam Wahb dan beliaupun menjawab salamnya , beliau mengulurkan tanganya dan menjabatnya , lalu mendudukan di sampingnya " .
Wahb berkata : " Dawud As berkata : " Ya Alah ! siapa saja orang fakir yang meminta kepada orang yang kaya , lalu dia pura pura tuli , maka saya meminta kepadaMu , jika dia berdo'a kepadaMu maka janganlah Engkau kabulkan , dan jika dia meminta kepadaMu maka janganlah Engkau beri dia " .

Abdul Mun'in bin Idris meriwayatkan dari bapaknya dari Wahb berkata : " Luqman berkata kepada anaknya : " Sesungguhnya perumpamaan orang yang berdzikir dan orang yang lalai bagaikan cahaya dan kegelapan " .
Beliau berkata : " Saya membaca dalam Taurat 4 baris berturut turut : " Barang siapa yang membaca Kitab Allah dan menyangka Dia tidak mengampuninya , maka dia termasuk orang yang beristihza' dengan ayat ayat Alah , dan barang siapa yang mengeluh dengan musibah yang menimpanya , maka ia mengeluh kepada Alah Ta'ala , barang siapa yang menyesal atas sesuatu yang hilang darinya ; dari dunia maka ia membenci ketentuan Allah , dan barang siapa yang tunduk kepada kekayaan , maka sepertiga agamanya akan pergi " .
Beliau berkata : " Saya membaca dalam Taurat : " Rumah apa saja yang di bangun dengan kekuatan orang yang lemah , maka kesudahanya akan roboh , dan harta yang di kumpulkannya dari barang yang haram , maka kefakiran akan cepat datang kepada keluarganya " .

Abdulah bin Mubarak berkata : " Telah berkata kepada kami Muammar dari Muhammad bin Umar berkata :" Saya mendengar Wahb berkata : " Saya mendapatkan di sebagian kitab : Allah Azza Wajalla berfirman : " Apabila hambaKu mentaatiKu , maka aklan Aku kabulkan do'anya sebelum dia berdo'a , dan Saya akan memberinya sebelum dia meminta , dan jika hambaKu mentaatiKu sekalipun penduduk bumi dan langit berbuat jahat kepadana , maka akan Aku berikan kepadanya jalan keluar . Dan jika hambaKu bermaksiat kepadaKu , maka akan Aku potong tanganya dari pintu pintu langit ( do'anya ) dan Aku jadikan di udara , dan jika salah satu makhluqKu menginginkan sesuatu darinya , maka tidak ada yang menghalanginya " .

Berkata Utsman bin Abi Syaibah ; " Telah berkata kepada kami Muhammad bin Imaran bin Abi Laila , telah berkata kepada kami Shilah bin Ashim Al Murady dari bapaknya dari Wahb berkata : " Tatkala Adam As di turunkan dari Janah , Ia merasa kesepian karena merasa kehilangan suara Malaikat , maka Jibril As turun kepadanya dan berkata : " Wahai Adam ! Apakah kamu mau saya ajari sesuatu yangh bermanfaat di dunia dan di akherat ? Adam berkata : " Ya . Jibril As berkata : Katakanlah " Ya Alah ! Sempurnakanlah nikmatMu kepadaku hingga hidup saya berkecukupan , Ya Alah ! wafatkanlah saya dalam keadaan yang baik hingga dosaku tidak membahayakanku , Ya Allah ! selamatkanlah saya dari fitnah dunia dan setiap goncangan di hari kiamat hingga Engkau memasukanku kedalam janah dalam keadaan sehat " .

Imam Ahmad berkata : telah berkata kepada kami Hajaj dan Abu Nashr keduanya berkata : " Telah berkata kepada kami Muhammad bin Thalhah dari Muhammad bin Jahadah dari Wahb dia berkata : " Barang siapa yang beribadah maka akan bertambah kuat , dan barang siapa yang malas akan bertambah rasa malasnya " .
Berkata selainnya : " Sesungguhnya beribadah itu akan mendisiplinkan badan dan melunakkannya , dan sesungguhnya tidur akan membuat badan malas dan mengeraskanya "

Berkata Atha' Al Khurasany : " Qiyamul lail adalah kehidupan bagi badan dan cahaya bagi hati dan wajah , kekuatan di mata dan anggota badan , sesungguhnya seseorang jika qiyamul lail , akan gembira di pagi harinya , dan jika etinggalan qiyamul lail , maka akan sedih di pagi harinya , seakan akan dia kehilangan sesuatu dan telah hilang baginya sesuatu yang bermanfaat " .

Telah berkata kepada ami Isma'il bin Abdull Karim , telah berkata kepada kami Abdus Shamad , sesungguhnya ia mendengar Wahb di atas mimbar : " Hafalkanlah dariku tiga perkara ! Janganlah kamu menuruti hawa nafsu dan teman yang jahat serta ta'ajubnya seseorang kepada dirinya sendiri ".

Imam Ahmad berkata lagi : " Telah berkata kepada kami Ibrahim bin ' Uqail , telah berkata kepada kami 'Imram bin Hudzail dari Wahb bin Munabbih dia berkata : " Tidaklah seseorang dari anak Adam As kecuali ada syetan yang diutus kepadanya , maka orang kafir makan dan minum bersamanya , dan orang mukmin ia menjauhinya , kemudian menunggu kapan ia akan lalai , kemudian anak Adam As yang paling di senangi syetan adalah tukang tidur dan makan " .

Berkata Muhammad bin Ghalib , telah berkata kepada kami Abu Mu'tamar bin Abi Basyar bin Manshur dari Dawud bin Abi Hindun dari Wahb dia berkata : " Saya telah membaca dalam kitab kitab yang di turunkan dari langit kepada para Nabi : " Sesungguhnya Allah Ta'ala berKata kepada Ibrahim Khalilulah : " Apakah kamu tahu kenapa Aku menjadikanmu kekasihKu ? Nabi Ibrahim As menjawab : " Tidak ". Allah berfirman : " Untuk meninggikan derajat kedudukanmu di SisiKu dengan sholat ".

Berkata Ishaq bin Rahawaih : Telah berkata kepada kami Abdul Malik bin Muhammad Ad Dimary dia berkata : telah mengabarkan kepadaku Muhammad bin sa'id bin Zamanah , dia berkata : telah mengabarkan kepada bapakku , dia berkata : di katakan kepada Wahb : " Bukankah kunci janah itu Laa Ilaha Ilallah , dia menjawab : " Ya ", akan tetapi tidaklah di katakan kunci kecuali ada geriginya , maka barang siapa membuka pintu dengan kunci yang bergerigi , terbukalah pintu itu . Dan barang siapa yang datang membuka pintu tanpa kunci yang bergerigi , maka tidak akan terbuka pintu itu ".

Wahb bin Munabbih berkata :" Pokok seluruh kenikmatan itu ada 3 :
1. Nikmat Islam yang tidak sempurna ni'mat kecuali dengannya
2. Ni'mat sehat yang hidup tidak akan baik kecuali dengannya
3. Ni'mat kaya yang tidak sempurna kecuali dengannya ".

Berkata Haitsam bin amil : telah berkata kepada kami Shaleh Al Mary dari Aban , dari Wahb dia berkata : " Saya membaca dalam suatu kitab : " Kufur itu ada 4 rukun ; salah satu rukunya adalah kemarahan , kemudian syahwat , kemudian tama' , kemudian rukun yang terakhir adalah ketakutan " .

Diriwayatkan dari Abi Dunya , sesungguhnya Wahb berkata : " Ada 3 hal yang jika ada pada diri seseorang maka akan mendapat kebaikan ; tiga hal itu adalah berlapang dada , sabar terhadap celaan , dan berbicara yang baik " .
Beliau mengatakan : " Iman itu pakaian , sedangkan bajunya adalah taqwa dan hiasannya adalah malu , sedangkan hartanya adalah faqih ( pemahaman ) .
" jika ada orang yang memujimu , apa yang tidak ada pada dirimu , maka janganlah kamu mempercayainya jika dia tidak mencelamu apa yang tidak ada pada dirimu ".


WAFATNYA

Berkata Walid Abdur Razzaq dan Abdus Shamad bin Muaqqal dan Mu'awiyah bin Shaleh : " Wahb bin Munabbih meninggal pada tahun 114 Hijriah , bulan Muharram . Ada yang mengatakan pada bulan Dzulhijjah tahun ke 113 Hijriyyah di San'a , kuburnya berada di seda Asham sebelah barat Bashra " . Imam Ibnu Katsir tidak mendapatkan kepastian tentang wafatnya .
Wallahu A'lam .

REFERENSI

1. Al Bidayah wa Nihayah Imam Hafidz 'Imadudin Abi Fida Ismail bin Katsir Al Qurayyi Ad Dimasyqyi , jilid : 9 , Maktabah As Shafa
2. Siyaru 'Alam Nubala' , Imam Syamsudin Muhammad bin Ahmad bin Utsman Ad Dzahaby jilid : 5 , Darul Fikr

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum. Afwan akhi, ana ijin untuk mengcopy beberapa hal tentang biografi Wahb ibn Munabbih untuk sebuah artikel. Syukron wa jazaakallahu khoiron katsir.

    BalasHapus