>

Total Tayangan Halaman

Rabu, 19 Januari 2011

SYEIKH SHALIH FAUZAN


Beliau adalah Syeikh yang mulia , DR. Shalih bin Fauzan bin Abdilah , dari keluarga Al Fauzan , dari suku Asa Syamasiyah . Beliau lahir pada tahun 1345 Hijriah atau 1933 Masehi . Ayahnya meninggal dunia semenjak beliau masih kanak kanak dan beliau dipelihara oleh keluarganya . Beliau belajar Al Qur'an , dasar membaca dan menulis di bawah asuhan Imam Masjid wilayah yang juga qari' tetap , yaitu Syeikh yangmulia Haamud bin Sulaiman Ath Thallal , yang kemudian menjadi hakim di kota Dar'iyah ( bukan Dar'iyah di Riyadh ) di wilayah Qasim .Beliau kemudian belajar di sebuah madrasah negri yang di buka di asa Syamasiyah pada tahun 1369 Hijriah . Beliau menyelesaikan studinya di madrasah Faishaliyah di Buraidah pada tahun 1371 Hijriah dan kemudian beliau diangkat menjadi guru madrasah anak anak .
Beliau melanjutkan studi di Institut pendidikan Buraidah ketika di buka pada tahun 1373 Hijriah , dan lulus tahun 1377 Hijriah . Beliau kemudian melanjutkan di fakultas Syari'ah di Universitas Imam Muhamad Ibnu Saud di Riyadh dan lulus tahun 1381 Hijriah . Setelah itu , beliau mengambil gelar Magister dan Doktoralnya di bidang Fiqh .

Setelah lulus dari Fakultas Syari'ah , beliau diangkat menjadi mudaris ( pengajar ) di sebuah institut pendidikan di Riyadh , kemudian beliau pindah mengajar ke fakultas syari'ah .
Sesudah itu , beliau pindah lagi mengajar di pendidikan yang lebih tinggi di fakultas Ushulud Dien , dan pindah lagi mengajar di mahkamah Syari'ah dan beliau di tunjuk sebagai ketua . Kemudian kembali mengajar di sana setelah masa jabatan ketuanya berakhir . Beliau juga menjadi anggota Lajanah Daimah lil Buhutts wal Ifta' ( komite tetap riset ilmiah dan fatwa )

Syeikh juga salah satu anggota Haiah Kibaril Ulma' dan Komite Fiqh Rabithah Alam Islamiy di Makkah serta menjadi anggota komite pengawas Du'at Haji sekaligus mengepalai keanggotaan Lajnah Daimah lil Buhuts Wal ifta' . Selain itu beliau juga seorang imam , khtaib , dan pengajar di masjid Pengeran Mut'ib bin Abdul Aziz di Al Malzar .Beliaujuga berperan aktif di dalam menjawab pertanyaan pertanyaan di program radio 'Nuurun 'ala Darb dan memberikan kontribusi terhadap penerbitan sejumlah riset / penelitian Islam di lembaga riset studi , tesis dan fatwa Islami , yang kemudian diperiksa dan di terbitkan .
Syeikh juga berperan dalam mengawasi sejumlah tesis Magister dan disertasi Doktoral

Beliau memiliki banyak murid yang senantiasa bermulazamah dalam darus ( pelajaran ) dan mujtama' ( Pertemuan ) rutinnya . Beliau sendiri belajar melalui tangan sejumlah Ulama' dan Qodhi terkemuka , diantara guiru guru beliau adalah :
1. Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Bazz
2. Samahatus Syaikh Abdulah bin Humaid
3. Samahatus Syaikh Muhamad Amin Asy Syinqithy
4. Samahatus Syaikh Abdurrazaq afifi
5. Fadhilatus Syaikh Shalih bin Abdurrahman As Sukayti
6. Fadhilatus Syaikh Shalih bin Ibrahim al Bulayhi
7. Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Subayyil
8. Fadhilatus Syaikh Abdullah bin Shalih al Khulaifi
9. Fadhilatus Syaikh Ibrahim bin 'ubaid al Abdul Muhsin
10. Fadhilastus Syaikh bin Aqla'
11. FADHILATUS Syaikh Shalih bin Ali An Naashir

Beliaujuga belajar di bawah bimbingan sejumlah Ulama' Universitas Al Azhar di Mesir yang memiliki takhoshus ( spesialisasi ) di bidang hadits , tafsir dan bahasa Arab .
Beliau telah memainkan peran penting dalam berdakwah kepada Alah , mengajar dan berfatwa , berkhotbah dan bantahan bantahan ilmiah .Karangan beliau sangat banyak diantaranya adalah Syarh aqidah Wasithiah , Al Irsyad Ila Shahihil I'tiqad ( bimbingan kepada aqidah yang benar ) , Al Mulalkhashal Fiqh ( fikih ringkas ) makanan dan hukum hukum yang berkenaan dengan penyembelihan danberburu yangmerupakan disertasi Doktoral beliau , At Tahqiiat Al Mardhiyah dalam masalah waris yang merupakan tesis Magister beliau . Juga buku tentang mukminah dan bantahan buku Yusuf al Qordhawi " Al Halal Wa Al Haram " .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar