>

Total Tayangan Halaman

Minggu, 25 April 2010

Nasehat Dan Pesan - Pesan

Kali ini kami cuplikkan beberapa pesan pesan dari Para shohabat , tabi'in dan orang orang sholeh yang telah mendahului kita yang semoga dapat menjadi ibroh bagi kita dan sebagai pedoman bagi kita bersama :

1. Pesan / Nasehat dari Umar Bin Khattab Ra :
" Hisablah diri kalian sebelum kalian di hisab ! Timbanglah kualitas ibadah kalian ( sudahkah ikhlas karena Allah dan memenuhiu ketentuan Sunah Rosul Nya ) sebelum amal perbuatan kalian di timbang ! Karena sesungguhnya proses hisab kalianakan lebih ringan apabila kalian telah menghisabnya sejak sekarang . Berhiaslah kalian untuk hati pertanggung jawaban yang sangat besar yang pada hari itu kamu dihadapkan kepada Tuhan mu , tiada sesuatu dari keadaanmu yang tersembunyi bagi Allah ".

2. Nasehat Hasan Al Basri rokhimahullah ( seorang tabi'in )
" Perumpamaan dunia dan akherat seperti timur dan barat , jika salah satu mendekat maka yang lain akan menjauh . Dan gambaran tentang keadaan dunia ini adalah : dunia di awali dengan kesulitan dan di akhiri dengan penderitaan / kebinasaanb , yang halal akan di hisab dan yang haram akan berujung siksa . Yang kaya akan menghadapi ujian dan fitnah , sedangkan yang miskin selalu dalam keadaan kesusahan ".

3. Nasehat Abdullah Bin Mubarrak kepada Fadhail Bin Iyadh rakhimahullah ( seorang tabi'in )
" Wahai orang yang beribadah di Masjidil haramain . Seandainya engkau mengerti keadaan kami tentu engkau akan tau bahwa engkau bermain main dengan ibadahmu itu . Kalau pipi engkau dilinangi genangan air mata maka pangkal leher kami di lumuri darah yang tertumpah . Jika wangian engkau beraroma minyak misyik maka aroma kami adalah debu debu fisabilillah dan bau bubuk mesiu ".

Kedua orang ini adalah sama sama ahli ibadah , ahli fikih orang yang zuhud , Ibnu Mubarok berada di tapal batas Islam berjaga jaga dalam rangka jihad fi sabilillah sedang Fadhail bin Iyadh berada di Makkah Masjidil Haram .
Kita di sini menikmati ibadah dengan meneteskan air mata dalam kekhusukan ibadah kita maka di saat bersamaan di belahan bumi yang lain Islam di hinakan darah kaum muslimin di tumpahkan tanpa alasan yang haq kita di sini cuma mengucapkan Inalillahi waina lillahi rojiun La haula wala quwataila billah , tanpa terdetik sedikitpun untuk membantu mereka minimal dengan do'a pun tidak , maka itulah yang di namakan dengan bermain main dengan ibadahmu .

4. Pesan terakhir sayyid Qutb rahimahullah ( sesaat sebelum di eskusi )
Sesaat sebelum beliau di gantung oleh Toghut Gamal abdul Naser Mesir seorang Alim ( kalau disini perwakilan dari MUI ) berkata kepada Sayyid Qutb " Adakah pesan terakhir sebelum kamu di eksekusi maka ucapkanlah La ilaha Illallah ." Maka Sayyid Qutb berkata kepada si alim tersebut " Saya anda suruh mengucapkan La Ilaha Illallah ? , ketahuilah karena La ilaha Illallah saya berada di tiang gantungan ini sedangkan anda juga mengucapkan La Ilaha Illallah makan roti duduk di kursi empuk ".

Oleh karena itu seseorang yang telah mengucapkan 2 kalimat syahadat pada saat itu juga harus tau arti dari kalimat tersebut , harus tau konsekwensinya , tau apa saja tuntutan tuntutan dari kalimat syahadat itu . Jadi wajar jika orang kafir Qurais dulu enggan mengucapkan syahadat , karena mereka tau arah dari kalimat itu sehingga keras penentangannya lain orang islam hari ini sehari dia ucapkan kalimat itu berkali kaliu tetapi tidak tau maknanya , tuntutan tuntutan kalimat itu dan syarat sahnya kalimat itu ( sungguh ironis )

Semoga 4 pesan tersebut dapat memberikan manfaat yg besar . jika ada kesalahan kami mohon maaf dan jika ada kebenaran itu semata mata hanya datangnya dari Allah saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar